Evaluasi adalah suatu proses penilaian secara bertahap dari
suatu kegiatan yang sudah terlaksana, mulai dari sistem perencanaan kegiatan
hingga hasil akhir dari sebuah kegiatan. Evaluasi bimbingan dan konseling
merupakan suatu proses yang sistematis dalam mengumpulkan data dan informasi
atau memonitoring mulai dari sistem perencanaan layanan hingga hasil layanan
tersebut kemudian dianalisis untuk menentukan nilai, efektifitas, dan efisiensi
dari suatu layanan BK yang sudah terlaksana.
Evaluasi dilaksanakan untuk mengetahui perkembangan yang
signifikan, efektifitas dan efisiensi dari sebuah program layanan BK dan
menilai perkembangan konseli ke arah yang lebih baik setelah melakukan layanan
BK yang diberikan. Evaluasi dapat membantu konseli untuk memutuskan suatu
keputusan yang tepat, dapat membantu konselor memperbaiki kekurangan program
layanan BK yang telah dilaksanakan, meningkatkan kualitas layanan BK yang
diberikan, mengembangkan profesionalitas konselor. Evaluasi sangat penting
dilakukan tetapi kebanyakan orang menyepelekan kegiatan evaluasi ini. Evaluasi
dapat dijadikan rekomendasi untuk kita melakukan suatu kegiatan agar lebih baik
lagi dari sebelumnya.
Aspek yang dapat dievaluasi dari suatu layanan BK dapat
dimulai dari perencanaan program yang sesuai dengan kebutuhan konseli,
pelaksanaan sesuai dengan yang telah direncanakan, hambatan yang terjadi pada
proses pemberian layanan, menilai konseli setelah diberikan layanan BK, dan
menilai hasil dari suatu kegiatan layanan BK. Pada evaluasi BK lebih ditekankan
dalam evaluasi proses pelaksanaan layanan, baik menilai perubahan konseli
maupun pelaksanaan layanannya bahkan kinerja konselor yang bersangkutan.
Pelaksanaan evaluasi pula dapat dilakukan dengan menerapkan
TI agar lebih mudah dan efisien. Beberapa software dari komputer banyak yang
dapat digunakan untuk membantu melaksanakan evaluasi. Contohnya, software
microsoft word yang digunakan konselor untuk mengetikan angket evaluasi atau
catatan – catatan peristiwa selama berjalannya layanan BK, excel digunakan
untuk menyimpan data yang telah dihimpun pada proses pelayanan berlangsung dan
dapat dilihat kembali data yang telah disimpan sesuai dengan hasil dari layanan
atau tidak, dan lain sebagainya.
Menurut Pratiwi, dkk (2011) Supervisi (akademik)
merupakan kegiatan pembinaan yang direncanakan dengan memberi bantuan teknis
kepada guru dan pegawai lainnya dalam melaksanakan proses pembelajaran, atau
mendukung proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara efektif.
Konselor juga merupakan bagian dari tenaga pendidik yang
tertera pada UU SISDIKNAS. Supervisi BK memiliki makna pengembangan terhadap
konselor agar lebih profesional dalam menjalankan tugas profesinya yang sesuai.
Supervisi diberikan kepada guru BK untuk meningkatkan kualitas SDM guru BK
tersebut agar layanan BK yang akan diberikan lebih berkualitas dan berimbas
kepada konseli yang seharusnya memiliki perubahan sikap ke arah yang lebih baik
setelah diberikan layanan BK yang berkualitas. Supervisi merupakan
kegiatan pembinaan yang berarti sebelum dilakukan supervisi maka
dilakukan terlebih dahulu evaluasi kinerja dari konselor. Kemudian dicari hal
yang masih kurang dalam diri konselor untuk menjadi lebih profesional, maka
dilakukannya pembinaan untuk meningkatkan hal tersebut agar pelayanan yang
konselor berikan pun akan makin berkualitas dan tentunya bermanfaat bagi
konseli.
Penerapan TI pun semakin berarti dalam pelaksanaan evaluasi
dan supervisi BK. Pembuatan angket atau instrumen lainnya untuk mengevaluasi
dapat dibantu dengan penggunaan komputer, untuk memonitoring konseli yang
sedang dalam pemberiana layanan BK dapat dibantu dengan media TI, seperti kamera
CCTV yang terpasang pada kelas atau dengan internet dan mencari tahu pergaulan
konseli pada dunia maya, untuk mengolah informasi atau data yang diperoleh
untuk diolah lalu dinilai sebagai hasil evaluasi. Pada pelaksanaan supervisi
dapat dibantu dengan CD tutorial bagi konseor agar dapat meningkatkan
keterampilan dirinya, dibantu dengan power point untuk menyajikan materi.
DAFTAR PUSTAKA
Pratiwi, Aprillia, dkk. (2011). “Aplikasi TI dalam
Evaluasi dan Supervisi BK”. Makalah pada Mata Kuliah Teknologi Informasi dalam
Bimbingan dan Konseling jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan UPI,
Bandung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar